20 February 2007

Silet Copet

Sejak ponsel saya dicopet dalam sebuah bis Patas 6 jurusan Kampung Rambutan-Grogol tahun lalu, saya tidak meletakan dompet dan ponsel di saku celana atau di saku kemeja saya. Dompet dan ponsel saya masukkan ke dalam tas punggung saya.


Tapi copet tidak bakal kehilangan akal. Saya sadar telah dicopet setiba di kantor. Tas saya bagian samping robek rapi memanjang kurang lebih 10 sentimeter. Nampak seperti bekas disobek dengan silet atau benda semacamnya. Tidak ada harta benda yang ilang. Ponsel dan dompet saya terselip di lembaran buku. Alhamdulillah. Aman.


Bis Patas 79 Tadi pagi saya naik Patas 79 AC dari UKI (Universitas Kristen Indonesia), Cawang. Bis ini menuju Kota dari Kampung Rambutan. Di UKI bis sudah penuh. Penumpang berdiri hingga bibir pintu. Saya memaksa masuk karena pada jam-jam berangkat kantor mustahil dapat bis dengan bangku kosong kecuali saya naik dari Terminal Kampung Rambutan.


Saya naik dari pintu belakang. Saya tidak memperhatikan siapa orang-orang di dalam bis. Tapi saya merasa tas saya ada yang menarik kaut. Hampir kurang lebih tiga menit saya merasa tas saya ada yang menarik.


Saat itu di bagian luar dari pintu bis ada perempuan berjilbab. Saya mempersilahkan dia untuk masuk ke dalam. Maksud saya, biarlah saya bergelantungan di pintu bis, kalau perlu. Tapi perasaan, sulit sekali dia masuk karena terhalang tas saya. Saya baru menyimpulkan pada saat itu tas saya ditarik, tertahan, sehingga perempauan ini sulit masuk. Pada saat itu nampaknya tas saya disobek.


Bis Patas 6 Ini


adalah kejadian kali kedua yang saya alami. Tahun lalu tas punggung saya yang lain pernah dirobek di bis Patas 6. Bis ini punya trayek Kampung Rambutan-Grogol. Saya naik dari Stasiun Cawang. Saya sadar setelah turun di UKI. Syukur tidak ada barang saya yang hilang.
Ilustrasi :
www.ranesi.nl/tema/kamera/copet_copetan_051209

2 comments:

Asri said...

Huahaha... Wah, aku juga pernah kecopetan, Bung. Di KRL. Bayangin aja. Saat itu baru2 muncul HP dengan dering polyphonic. Sebagai orang yang gak bisa langsung mendapatkan apa yang dipengenin, aku nabung dong... Singkat cerita, setelah nabung selama 3 bulan, akhirnya kebeli juga HP dengan merek motorola, serinya aku lupa. Tapi rasanya sueneng banget pake HP itu. Namanya juga boleh kepingin... Eh, belum ada sebulan pake HP itu, di copet orang di KRL... Padahal aku gak ada buka HP selama di stasiun Pocin dan di atas KRL. Rupanya copetnya dah ngikutin aku waktu aku isi pulsa di seberang stasiun... Duh emang nasib... nasib... Sejak itu, agak takut aku naik KRL. So, wahai para copet sadarlah dan hargai orang yang menabung kayak aku ini demi mendapatkan suatu barang...

Asri said...

Aku pernah kecopetan di KRL. Modusnya, adalah saat teman2 si copet mepet dari sisi kanan/kiri sementara yang lainnya beraksi melalui sisi lainnya. Jadi teman2 si copet itu mencoba mengalihkan perhatian aku yang berdiri di dalam KRL.

Posisi tasku ada di depan dadaku. HPku aku letakkan di kantong luar tasku sebelah kanan. Sebelum stasiun Lenteng Agung -aku naik dari Pocin- ada 4 orang yang mendesak aku dari sebelah kiri. Saat itu aku bilang ke mereka untuk sedikit menjauh, karena masih ada ruang yang kosong si sebelah mereka. Rupanya, saat itulah kawanan mereka beraksi di sebelah kananku. Saat aku sadari kalau tas kananku sudah di silet dan HPku dah raib, aku berteriak ,"Copet...copet...!!!"

Saat itu kereta dalam posisi berhenti di Lenteng Agung. Rupanya copet2 itupun dah turun di situ. Huh !!! Semoga Tuhan mengampuni dosa copet2 itu...

Sekarang kalo inget peristiwa itu, ada gondok, geli dan kecewa, juga takut naik KRL lagi. Hiii... Semoga ada pembersihan besar2an para copet di Stasiun2 KRL dan di KRLnya itu sendiri. Itu juga kalo copetnye gak kerjasama ma pihak2 yang harusnya mengenyahkan mereka... Gimana, Pak Andi, setuju kan kalo mereka di basmi...???